Cara Membayar Pajak dan Bea Masuk

Cara Membayar Pajak dan Bea Masuk

Setelah mengetahui besarnya pajak dan bea masuk, berikut adalah prosedur pembayaran pajak dan bea masuk atas barang kiriman yang kita terima dari luar negeri. Perhitungan disini dikhususkan untuk barang kiriman yang bersifat “pribadi” dan bukan bersifat komersial (partai besar).

Pada umumnya sistem pembayarannya dibagi menjadi dua. Yaitu berdasarkan metode pengiriman yang digunakan :

1. Pengiriman menggunakan jasa Kantor pos. Prosedur umumnya menjadi sbb

– Setelah paket masuk ke kantor pos terdekat dengan alamat anda, maka kantor

pos akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada anda. Di surat tersebut disebutkan perincian pajak dan bea masuk, serta alamat tempat pembayaran pajak / pengambilan paket

– Silahkan datang ke alamat yang dimaksud, jangan lupa membawa fotocopy KTP. Tunjukkan surat pemberitahuan dari kantor pos, maka petugas akan mengambil berkas pembayaran pajak.

– Silahkan membayar pajak sesuai perhitungan, dan setelahnya anda bisa mengambil paketnya

2. Pengiriman menggunakan jasa courier swasta, seperti Fedex, DHL, UPS, TNT, Aramex, dll, prosedur umumnya menjadi sbb

– Pihak courier akan langsung mengurus pajak dan bea masuknya. Mereka membayar pajak dan bea masuk terlebih dahulu.

– Umumnya mereka akan memberitahu anda via telepon tentang paket dan pajak yang harus dibayar. Oh ya perlu diketahui bahwa selain pajak dan bea masuk, mereka juga mengenakan beberapa charge, seperti warehouse charge, bank charge, document charge, dll. jadi selain membayar pajak, anda juga harus membayar beberapa charge yang dibebankan kepada anda

– Petugas delivery akan datang ke alamat anda, untuk menagih pajak serta mengantar paketnya.

 

Ada kalanya, tagihan pajak yang disampaikan di surat pemberitahuan tidak sesuai dengan perhitungan yang seharusnya. Hal ini umumnya disebabkan oleh “keraguan” petugas terhadap nilai / harga paket yang tercantum di form Custom Declaration yang dikirim seller. Dalam keadaan seperti itu, petugas akan menaksir harga wajar yang sesuai dengan paket tersebut, lalu menetapkan pajak dan bea masuknya.

Jika anda merasa keberatan, maka langkah yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut :

– Datang ke kantor pos, dengan membawa surat pemberitahuam, serta print out bukti pembayaran yang sah. Lalu bilang kepada petugas bahwa ingin mengajukan keberatan. Petugas akan memberikan “berkas” yang diperlukan kepada anda.

– Silahkan datang ke kantor Bea Cukai terdekat (bisa ditanyakan kepada petugas kantor pos), lalu mengajukan keberatan dengan mengisi form yang diberikan petugas. lalu petugas Bea Cukai akan melakukan cross check.

– Jika keberatan anda diterima, maka petugas Bea Cukai akan melakukan penyesuaian tagihan pajak dan bea masuknya.

– Anda datang ke kantor pos lagi, untuk membayar pajak yang sudah disesuaikan. Jika pembayaran pajak sudah selesai, anda bisa mengambil paketnya.

Sayangnya sistem ini hanya berlaku untuk pengiriman paket menggunakan kantor pos. Sedangkan jika menggunakan courier swasta, hal ini tidak bisa dilakukan, karena tagihan yang mereka terbitkan bersifat Final. Jadi, berapapun tagihan yang diterbitkan, anda harus melunasinya. 

 

Share this post

35 thoughts on “Cara Membayar Pajak dan Bea Masuk

  1. Saya mau nanya nih gan.saya baru dapet paket nih dari afganistan hari ini sampai di bandara sukarno hata pada tnggl 25-bulan b4 th 2017 tapi saya di yelfon sama bea cukay suruh membayar pajan sebesar 13 juta baru barang di kirim oleh kurir kata nya ya aku jadi bingung sekarang harus gimana sedangkan orang yg mengirim kan barang bya bilang ya seharus nya sudah sampai rumah dengan kirir gitu tolong kasih tau bagi mana cara mengambil nya ya gan …???

    Reply
    1. Apakah anda kenal seseoranhg dari social media, dan menawari kiriman hadiah berupa paket barang mewah ?. Jika iya, maka itu penipuan. Orang yang mengaku mengirim paket dan yang mengaku dari bandara atau bea cukai dan minta uang tebusan, Itu adalah orang yang sama. Atau komplotan penipu yang sama. Tidak usah ditanggapi. Dan tidak usah ditunggu, karena tidak ada paket yang dikirim. Ini modus penipuan. Hati-hati. Salam

      Reply
  2. gan, mohon info dong.
    posisi paket saat ini per status tracking di dhl : situasi perijinan pabean (awb 8055163093).
    maksudnya gmn ya? proses perhitungan pajak dllnya?

    klo dhl kan memproses pembyrn terlebih dulu shg angka yg sampe kan sdh final… klo tidak sesuai dan sy keberatan, apa bs di nego? ato ada option lain? klo dikirim balik ke pengirim, itu bisa? biaya returnya siapa yg byr?

    thanks utk bantuannya

    Reply
    1. Malam Mas,

      Statusnya masih clearance event. Untuk penjelasan lebih lanjut, sebaiknya kontak CS DHL = 0800 1 333 333 (toll free) /+62 21 7917 3333.
      Minta penjelasan status paket dan apa yang harus dilakukan. Kalau soal pajak, jika sudah ditetapkan oleh mereka, maka mau tidak mau harus dibayar. Jika tidak, maka barang tidak bisa diambil.

      Untuk pengiriman balik, nanti ada prosedurnya yang harus diikuti. Nanti bisa menghubungi CS, untuk mengisi form serta langkah selanjutnya. Salam

      Reply
  3. Malam Mas
    Mau tanya sy beli barang dr Aliexpress berupa baju renang anak2 sbnyak 14pcs nilainya $141 dgn free shipping. Tp terjadi double tracking number. No track yg sekarang EX018391236SG dan dikirim dgn EMS.
    Sy Track kiriman sy trnyata sudah berada di Kantor Pos terdekat di kota sy.
    Sy diberi surat dari Bea Cukai Semarang disuruh mepengkapi dokumen. Belum tertera bea pajak yg harus dibayar. Apa sy datang langsung ke Kantor Pos kota sy ataukah harus ke MPC semarang?
    Terima Kash sebelumnya..

    Reply
    1. Selamat Malam Mas. Aturan seharusnya untuk produk garment, maksimal 10 potong per paket. Jika lebih dari 10, maka memerlukan izin tambahan. Biasanya di surat panggilan dari bea cukai, disebutkan syarat tersebut. Silahkan datang ke kantor bea cukai yang ada di MPC Semarang untuk penjelasan lebih lanjut. Salam

      Reply
  4. Malam Mas, Saya ini rencana mau beli barang dari china sebuah large format inkjet printer. saya sudah di bikinkan PI (Proforma Invoice), disitu sudah tercantum unit price, shipping cost (door to door service) serta T/T handle charge. yang mau saya tanyakan apakah total semua biaya yang harus saya bayarkan itu sudah termasuk bea masuk dan amankah barang tersebut sampai ke alamat saya terima kasih.

    Reply
  5. Malam mas, sy ada rencana mau membeli sebuah model gun mainan star wars (bukan air soft, bukan beneran). Namun terbuat dari besi dan sangat mirip asli. Apakah bisa? Trims

    Reply
  6. Gan, saya mau nanya.. biasanya pembayaran pajak cukai bisa di transfer gak?

    Terus, apakah konfirnasinya dilakukan lewat email oleh pihak cukai?

    Apakah rekening Cukai itu atas nama perseorangan atau atas nama Organisasi pemerintahan?

    Reply
    1. Pembayaran pajak, bisa ditransfer ke perusahaan pengiriman paket tersebut. Misalnya DHL/Fedex/TNT/ dll. Kalau pengiriman pakai Pos, maka dibayarkan ke kantor pos besara terdekat. Jika ada yang minta transfer ke rekening pribadi, sudah pasti itu penipuan. Hati-hati

      Reply
  7. A Bambang Dwi aprianto · Edit

    Pak..saya rencananya mau order barang obeng dr Alibaba dengan jumlah barang 100 buah dengan harga total $160 dan shipping fee $106 jadi totalnya $266..berapakah total pajak yg harus saya bayar..saya kirim melalui Fedex

    Reply
  8. Bang…. sy dapat kiriman paket dri keluarga di UK….. dan kalo semua pajaknya di tanggung semua dri sana…. berati sesampainya di indonesia ga di mintain pajak lagi yah? Salam…

    Reply
  9. Mas, jadi gini.
    Saya sudah membeli barang di ebay (laptop) dengan nilai harga $429.99
    Jasa pengiriman melalui fedex international economy.

    Nah, nanti pas masuk ke indonesia dikenakan pajak berapa ya ?
    Yg bayar saya atau fedexnya ? (dibayar fedex dulu gitu mksdnya, nanti saya ganti duitnya, jadi tinggal nerima paket di depan rumah).

    Terimakasih.

    Reply
  10. Mas saya mau tanya, kalau ada teman kirim barang dari inggris, dan jika dia telah membayar semua pajaknya dari sana, apakah saya masih harus membayar pajak, kalau via pos indonesia atau via pengiriman lain. Makasih mas

    Reply
  11. Juni mesra wati simamora · Edit

    Sore mas,
    Saya mau tanya nih,tgl 20 kemaren saya order barang berupa karpet 3 set,sebelumnya saya sudah bayar biaya ongkir 50.000
    Tapi saya ditelpon pihak pengantar barang katanya saya harus bayar biaya sementara/bea cukainya sebanyak 500.000,
    Tapi karna saya takut ditipu,saya ngak transfer.
    8 hari lg saya telpon yg nelpon aq itu,nanya gimana karpet saya,dia bilang harus saya bayar dulu transaksinya,dan yang buat saya takut lg,biaya nya naik jadi 1 jt.
    Bagaimama ini mas,menurut mas,apa yang harus saya lakukan,apakah ini penipuan,karna dia mengirim no rek,atas nama perorangan…
    Saya takut kenak tipu

    Reply
  12. Juni mesra wati simamora · Edit

    Sore mas,
    Saya mau tanya nih,tgl 20 kemaren saya order barang berupa karpet 3 set,sebelumnya saya sudah bayar biaya ongkir 50.000
    Tapi saya ditelpon pihak pengantar barang katanya saya harus bayar biaya sementara/bea cukainya sebanyak 500.000,
    Tapi karna saya takut ditipu,saya ngak transfer.
    8 hari lg saya telpon yg nelpon aq itu,nanya gimana karpet saya,dia bilang harus saya bayar dulu transaksinya,dan yang buat saya takut lg,biaya nya naik jadi 1 jt.
    Bagaimama ini mas,menurut mas,apa yang harus saya lakukan,apakah ini penipuan,karna dia mengirim no rek,atas nama perorangan…
    Saya takut kenak tipu
    Dan katanya kalo saya tidak transfer sekarang,paket saya akan disita pihak bea cukai…jadi bingung mas

    Reply
  13. Saya dikirimi barang oleh adik saya di Korea. Barang tersebut berapa mainan anak dengan total pembelian 164.800 won. Tinggal 3 Mei 2018 saya dikirimi surat dari pihak kantor pengawasan bea dan cukai Makassar yang meminta invoice, bukti transaksi, Npwp, dokumen perizinan dan dokumen lainnya. Di surat tersebut dicantumkan nama pejabat bea cukai disertai nomor pribadi (WA). Surat tersebut diketik tanpa ada blanko surat ataupun stempel instansi. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Surat tersebut sah atau tidak
    2. Dokumen perizinan apa yang dimaksud
    3. Jika Saya sudah mengirimkan bukti transaksi dan nomor NPWP ke nomor WA tersebut, lalu dimana tempat saya membayar pajaknya
    4. Nomer resi EMS EG223845315KR itu Saya lacak terakhir Masih di bagian custom di makassar. Jika Saya sudah membayar, apakah barang tersebut harus Saya ambil di Makassar, sedangkan lokasi Saya di Bone, sekitar 180KM dari Makassar.

    Reply
  14. malam mas mau tanya apa betul pengiriman melalui Fedex smpai $500
    saya meminta tracking number tapi tidak di berihkan…
    bagaimana saya bisa mlhatpengiriman saya itu sudah okey ya.

    Reply
  15. Mas kalo produk yg dibeli berupa pakaian dgn harga dibawah $10.00 kena bea cukai g? Kalo kena pajak apa bayarnya langsung kekurir apagmn?

    Reply
  16. Sy mau tanya.. Saya dapat pengiriman dari afganistan..dan baru2 dtlp barang sudah sampai di bandara bali.. Dan katanya akan diteruskan di bandara makassar, akan dikenakan biaya admin sekitar 10jtan..tp ditransfer ke atas nama perorangan.Ini penipuan atau apa betul adanya kalau peraturannya harus bayar begitu??masa iya pengiriman dilakukan kmren dari afganistan bisa sampai secepat ini..sehari waktunya.?? Mohon penjelasannya.. Makasih banyak sebelumnya..

    Reply

Post Comment